Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)
Create your own banner at mybannermaker.com!

Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Jangan Lewatkan Harga Tiket Pesawat Termurah di Wego.co.id !!

Berita Kapal

Jika anda merasa info ini berguna dan ingin mentraktir saya membeli minuman, silahkan mengklik link Donate dibawah ini, atau Klik Iklan Di Halaman Blog ini:


Berita Kapal


Job Pelaut urgently Ch. Off Have Experience in Bulk Carrier Vessel

Posted: 11 Feb 2013 06:44 AM PST

 

Job Pelaut urgently Ch. Off Have Experience in Bulk Carrier Vessel

Urgently Need
We are PT. Timur Ship Management, urgently need for the following position and salary;

Requirement:
Ch. Off Have Experience in Bulk Carrier Vessel.
Experienced required must have at least 4 years
6 month contract salary $4,350.

For all seafarers who are fulfill our requirement could submit your CV to our company with the following email address : Haryugan.silaen@timur.com.sg


__

KPI Segera Laporkan PT Rafa Global Marine Ke Mabes Polri

Posted: 11 Feb 2013 06:43 AM PST

KPI Segera Laporkan PT Rafa Global Marine Ke Mabes Polri

Hanafi Rustandi Martakusumah mengatakan akan segera melaporkan pimpinan PT Rafa Global Marine ke Mabes Polri atas dugaan penempatan 11 orang awak buah kapal (ABK) Indonesia pada kapal FV Shans 101 berbendara Rusia secara ilegal
ilustrasi: dokumentasi
Jakarta, BNP2TKI, Senin (11/2) - Presiden Kesatuan Pelaut Indonesia Hanafi Rustandi Martakusumah mengatakan akan segera melaporkan pimpinan PT Rafa Global Marine ke Mabes Polri atas dugaan penempatan 11 orang awak buah kapal (ABK) Indonesia pada kapal FV Shans 101 berbendara Rusia secara ilegal.
Awalnya ke-11 ABK itu akan dipekerjakan melalui agensi Jong Ming Trading namun mereka dipindahkan ke kapal nelayan tangkap ikan milik perusahaan Rusia. Akibat penempatan yang bermasalah itu, 7 dari 11 korban hilang setelah dihantam ombak di Laut Shakalin, Rusia, pada 27 Januari lalu bersama dengan 8 orang ABK Rusia lainnya.
Adapun keempat ABK Indonesia yang selamat dan kini dirawat Rumah Sakit Mulyasari, Semper, Tanjung Priok yaitu Ferry Septiano (asal Palembang, Sumsel), Abdhul Muhamad Muksin (Kebumen, Jateng), Karjana (Palabuhan Ratu, Jabar), dan Nurhasim (Subang, Jabar). Sementara 7 orang lainnya yang masih hilang yaitu Hendra Scorpianto, Agustinus Sistaniapessy, Media Setiawan, Daskunah, Zaenal Arifin, Adi Pamuti, dan Puji Sulistyawan.
Pernyataan itu disampaikan Hanafi pada saat jumpa pers dengan wartawan di kantor KPI di Jalan Cikini Raya No. 58 Jakarta Pusat, Senin (11/2).
Menurut Hanafi, segera setelah pihaknya berkoordinasi dengan BNP2TKI dan Kemenakertrans pihaknya akan segera melaporkan PT Rafa ke Mabes Polri. Meski demikian, pihanya masih memberi kesempatan kepada PT Rafa untuk bekerjasama guna klarifikasi prosedur penemapatan yang telah dilakukannya.
PT Rafa, kata Hanafi, telah telah menempatkan para ABK di luar aturan yang ditetapkan. PT Rafa telah melakukan penempatan bermoduskan perdagangan orang (trafficking). Penempatan ABK nelayan ini tidak jelas penyalurnya, tidak jelas negara penempatannya dan tidak jelas perusahaan yang memakainya di luar negeri.
''Dokumen Perjanjian Kerja Laut (PKL) belum disahkan oleh Dirjen Hubungan Laut dan Syahbandar Tanjung Priok. ABK yang berangkat juga tidak disertai dengan kompetensi sebagaimana diatur pemerintah,'' katanya.
Hanafi menjelaskan, meski ke-11 ABK itu bukan merupakan anggota KPI namun pihaknya tetap akan memperjuangkan nasibnya termasuk hak-hak yang melekat seperti gajinya hingga asuransinya.Termasuk perusahaan yang menempatkannya juga dimintas untuk hadir guna klarifikasi prosedur penempatan 11 ABK yang naas itu.
Senin pagi pukul 10.00 WIB, kata Hanafi, Pimpinan PT Rafa, Higia Indarti, yang beralamat di Kavling Blok A VI/ 20 RT 009/02 Tugu Koja Utara sebelumnya sudah sepakat untuk hadir guna memberikan penjelasan tentang prosedur penempatan TKI yang telah dilakukannnya. Namun, setelah dikonfirmasi oleh bagian legal KPI, Edison Hutasoin, Higia masih enggan hadir dengan alasan masih mengurus keempat ABK yang naas itu di rumah sakit.
Ia menambahkan PT Rafa ternyata bukan merupakan PT yang sah untuk melakukan penempatan TKI. Dari daftar PT yang diterbikan oleh BNP2TKI ternyata PT Rafa tidak termasuk dalam daftar perusahaan yang diakui pemerintah.
Pelanggaran lain, lanjut Hanafi, soal asuransi. Hingga kini kami belum tahu berapa ABK itu diasuransikan di kapal tangkap ikan Rusia padahal asuransi bagi ABK ini sesuai standar International Laabour Organization (ILO) cukup besar yaitu jika mengalami kematian bisa mendapatkan pergantian hingga Rp300 juta. Sementara aturan asuransi ABK yanag ditetapkan pemerintah jika meninggal mendapat santunan kematian sebesar Rp150 juta.
''Jadi, kalau betul PT Rafa hanya menanggung biaya kematian sebesar Rp50 juta, jelas itu sangat jauh di bawah standar pemerintah,'' katanya.
Ke-11 ABK Indonesia itu dikontrak selama 3 tahun dan dijanjikan akan mendapatkan gaji per bulan sebesar US$ 250 ditambah dengan bonus US$ 80.
Kapal nelayan FV Shans 101 yang mengangkut 30 awak, yang terdiri atas 19 warga Rusia dan 11 warga Indonesia terbalik saat melintas di perairan Shakalin, dekat wilayah Jepang, 50 km dari wilayah Primorye, perairan Rusia, Minggu (27/1). Kapal itu tenggelam setelah dihantam dua gelombang besar. Sementara itu, tim penyelamat Rusia hanya berhasil menemukan 21 awak, empat diantaranya merupakan empat warga Indonesia. (zul/toh/b).

Kesatuan Pelaut Siap Bantu Korban TKI Meninggal di Spanyol

Posted: 11 Feb 2013 06:43 AM PST

Kesatuan Pelaut Siap Bantu Korban TKI Meninggal di Spanyol

Saat kejadian, Thomson Majesty sedang sandar di pelabuhan Santa cruz, ibu kota pulau La Palma.

http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/About/General/2013/2/10/1360516023649/Thomson-Majesty-Canary-Is-010.jpg
Liputan6.com, Jakarta : Kecelakaan kapal pesiar di Spanyol yang menewaskan 5 orang, 3 korban di antaranya WNI yang bekerja di kapal nahas tersebut membuat organisasi yang menaungi Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) prihatin.
President KPI Dr Hanafi membenarkan kecelakaan kapal di perairan Delapalma, Canary Island, tersebut memang berasal dari Indonesia. Namun, ia belum mengetahui apakah korban terdaftar di BNPTKI dan juga di KPI.
"Setelah saya mendapatkan kabar ini, saya langsung me-recheck crew list apakah perusahaan yang memberangkatkan 3 orang tersebut terdaftar di BNP2TKI dan rekanan dari KPI," jelasnya di Jakarta, Senin (11/2/2013).
Menurutnya, semua kecelakaan merupakan tanggung jawab perusahaan tempat korban mendaftar sebagai ABK. Perusahaan tersebut juga wajib mengeluarkan asuransi kurang lebih US$ 350 atau setara Rp 3,3 juta selama masa kerja 1 tahun.
"Jika nanti setelah diperiksa mereka tidak terdaftar dalam klien kami dan keluarga korban meminta bantuan, kami akan membantu untuk mengusutnya. Baik untuk mendapatkan asuransi atau bisa dijadikan kasus pidana," imbuh Hanafi.
Kecelakaan maut tersebut bermula saat stimulasi penyelamatan penumpang menggunakan sekoci di Pelabuhan Santa Cruz, Minggu 10 Februari 2013 pagi waktu setempat. Saat itu, kapal baru tiba dari Pulau Las Palmas de Gran Canaria, Spanyol. Sambil menunggu keberangkatan menuju Pelabuhan Funchal Portugal di Pulau Madeira, Atlantik, pada pukul 15.00 waktu setempat, stimulasi sekoci pun dilakukan, sekitar pukul 10.30 waktu setempat.
Namun, sekoci yang ditumpangi belasan penumpang kapal itu jatuh dan terbalik. 5 Penumpang tewas yang terdiri dari 3 pria Indonesia, 1 pria Filipina dan 1 lagi pria dari Ghana. 3 Orang lainnya juga mengalami luka-luka yang merupakan warga Yunani. (Adi)

Distribusi Sapi Segera Pakai Kapal dan Kereta Api

Posted: 11 Feb 2013 06:29 AM PST

Distribusi Sapi Segera Pakai Kapal dan Kereta Api


 
JAKARTA - Meski saat ini impor daging sapi masih tinggi, Kementerian Pertanian (Kementan) yakin swasembada daging di tahun 2014 bakal tercapai. Hal itu diyakini berdasarkan data populasi sapi dari tahun ke tahun yang selalu meningkat.

"Kita (Kementan) masih yakin swasembada bisa tercapai bila mendapatkan dukungan dari segala instansi, baik pemerintah maupun masyarakat lainnya. Tahun 2011 jumlah sapi sebanyak 15,421 ekor dan di tahun 2012 meningkat menjadi 16.656 ekor sapi," ujar Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi IV DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/2).

Untuk itu pihaknya akan terus meningkatkan populasi sapi dan menekan impor hingga 10 persen. Upaya peningkatan sapi lokal tersebut, kata Syukur akan dilakukan seperti penerapan pembibitan ternak yang baik dalam dua tahun sebesar 0,50 persen, dari 3,50 persen menjadi 4 persen dan mempertahankan kelembagaan perbibitan.

"Lalu penguatan sistem kesehatan hewan nasional dalam menurunkan tingkat kesakitan dan meningkatkan kinerja RPH (Rumah Pemotongan Hewan)," jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga akan berkerja sama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan dalam memperbaiki distribusi dan transportasi sapi.

"Mulai Febuari 2013 akan disediakan gerbang khusus daging oleh PT KAI dari provinsi Jawa Timur ke Jakarta. Sedangkan pengakutan sapi antar pulau, PT PELNI akan menyediakan kapal khusus pengakutan ternak. April 2013 nanti sudah bisa beroperasi," pungkasnya. (chi/jpnn)

Penetapan Jadwal Pelayaran Gresik-Bawean Akhirnya Diundi

Posted: 11 Feb 2013 06:28 AM PST

Penetapan Jadwal Pelayaran Gresik-Bawean Akhirnya Diundi

Penetapan Jadwal Pelayaran Gresik-Bawean Akhirnya Diundi - Pengusaha Kapal Rebutan Shift - Pengundian jadwal pelayaran kapal Gresik-BaweanPengundian jadwal pelayaran kapal Gresik-Bawean(Foto: Masduki Mohammad-LICOM)

LENSAINDONESIA.COM: Paska kericuhan akibat jadwal kapal Bahari Ekspres (EB) 1C dan Tungkal Samudera 01, Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik akhirnya melakukan undian untuk menentukan jadwal kedua kapal tersebut. Pengundian jadwal itu terpaksa dilakukan sebab kedua pengusaha kapal sama-sama ngotot untuk memilih jadwal pelayaran.
Undian ini dilaksanakan saat rapat koordinasi Transportasi penyeberangan Gresik-Bawean yang berlangsung di Kantor Bupati Gresik, Senin (11/02/2013).
Rapat yang dipimpin oleh Sekda Gresik Moh Nadjib diikuti oleh PT Gresik Samudera, Dinas Perhubungan, beberapa perwakilan dari otoritas Pelabuhan dan 2 pengusaha kapal penyeberangan yaitu dari PT Pelayaran Sakti Makmur pemilik Ekspres Bahari IC yang diwakili oleh Kunto Pratogo dan PT Restu Pertiwi Buana pemilik Tungkal Samudra I yang diwakili oleh Adnand Kashogi Johan.
Opsi penentuan cara diundi setelah perundingan gagal karena tidak ada titik temu. Hasilnya, trayek I dengan jadwal pelayaran Gresik-Bawean yaitu Hari Sabtu-Minggu-Rabu dilayani oleh kapal Tungkal Samudera 0I. Sedangkan Trayek II dengan jadwal Gresik-Bawean pada hari Minggu-Selasa-Kamis akan dilayani oleh Kapal Ekspres Bahari IC.
"Jadwal ini berlaku setelah tanggal 17 Februari 2013. Untuk jadwal besok (Selasa-red) sampai tanggal 16 masih berlaku jadwal yang telah dibuat oleh pihak Dishub," tegas Najib.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik MOh Najib menyampaikan, kendati jadwal sesuai undian telah disepakati, dilain hari tetap ada revisi ketika kapal milik BUMD PT Gresik Samudera sudah mulai operasi.
"Apabila Kapal milik Gresik Samudera mulai beroperasi, maka jadwal pelayaran masing-masing kapal akan dikurangi masing-masing dari enam kali pelayaran menjadi empat kali pelayaran dalam seminggu. Dua kali dari Gresik menuju Bawean dan dua kali dari Bawean menuju Gresik," terangnya didampingi oleh Direktur Gresik Samudera, Suhartanto.
Dalam koordinasi ini juga ditetapkan kesepakatan, apabila cuaca buruk yang telah ditentukan oleh pihak berwenang, maka operator pelayaran dibebani kewajiban membantu Pemerintah untuk mengupayakan penyeberangan penumpang

KPI Desak Polisi Usut Pengirim 11 TKI di Kapal Rusia yang Tenggelam

Posted: 11 Feb 2013 06:27 AM PST

KPI Desak Polisi Usut Pengirim 11 TKI di Kapal Rusia yang Tenggelam

KPI Desak Polisi Usut Pengirim 11 TKI di Kapal Rusia yang Tenggelam
ist
Ilustrasi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi Martakusumah mendesak kepolisian agar mengusut 11 TKI yang bekerja di Kapal ikan Rusia FV. Shans-101. Tujuh TKI tersebut hingga kini belum diketahui keberadannya.
Agen penyalur ke 11 TKI tersebut, PT Rafa Global Marine ternyata bukan agen resmi alias tidak terdaftar di BNP2TKi dan KPI. Dokumen keberangkatan 11 TKI tersebut disinyalir dipalsukan PT Rafa untuk keuntungan perusahaan tersebut.
"Ini human trafficking (perdagangan manusia). Pelaut harus memiliki buku pelaut dan perjanjian kerja laut (PKL) yang disyahkan syahbandar kelautan. Kepolisian harus mengusut ini," ujar Hanafi kepada Tribunnews, di kantornya, hari ini.
Menurut Hanafi beberapa kejanggalan yang bisa menjerat perusahaan nakal tersebut adalah dari segi santunan yang diberikan. Agen tersebut hanya bersedia memberi jaminan asuransi kepada ABK Rp 25 juta untuk korban hidup (kecelakaan) dan Rp 50 juta untuk yang meninggal.
"Padahal jika itu (kecelakaan) terjadi di kapal RI korban meningal mendapat asuransi Rp.150 juta. Bagaimana mungkin di kapal luar negeri hanya Rp50 juta," ujarnya heran.
Mengacu kepada UU No 17 tahun 2008 tentang pelayaran Pasal 313 yang berbunyi setiap orang yang memperjakan seseorang di atas kapal dalam jabatan apapun tanpa disijil dan tanpa memiliki kompetensi dan keterampilan serta dokumen pelaut yagn dipersyaratkan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 138 ayat 4 dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun dan denga paling banyak Rp 300 juta.
KPI sendiri sebenarnya mengudang pihak agen penyalur tersebut di kantornya. Namun entah sebab apa, PT PT Rafa Global Marine tidak berkenan hadir.
Hanafi mengatakan terkuaknya WNI di kapal Rusia tersebut karena kapal ikan tersebut tenggelam di Perairan Pulau Svetlaya, Rusia Timur atau di utara Jepang.
"Kementerian Luar Negeri mengetahuinya setelah mendapat informasi dari pemerintah Rusia. Kalalu tidak ada kecelakaaan, kita tidak pernah tahu ada WNI di kaal tersebut," terangnya.
Dikatakan Hanafi, 11 TKI tersebut berangkat dari Bussan Korea Selatan. Setelah itu mereka diinapkan di kapal 'vostok' dan dikirim menjadi ABK di Shans-101.
Ke 11 ABK tersebut dikontrak selama tiga tahun dan dijanjikan menerima gaji per bulannya sebesar 250 Dollar AS dan bonus 80 Dollar AS.
Kapal penangkap ikan tersebut mengangkut 30 ABK. 19 diantaranya adalah Warga Negara Rusia dan 11 WNI.  Tim penyelamat hanya berhasil menemukan 21 ABK. Empat diantaranya adalah WNI. Sisanya masih belum ditemukan.

Mesin Meledak, Kapal Pesiar Mewah Terapung-apung

Posted: 11 Feb 2013 06:19 AM PST

Mesin Meledak, Kapal Pesiar Mewah Terapung-apung

Mesin Meledak, Kapal Pesiar Mewah Terapung-apung Reuters Kapal pesiar Carnival Triumph.


MEXICO CITY, KOMPAS.com Carnival Triumph, sebuah kapal pesiar milik perusahaan pelayaran Carnival Cruise Lines, terapung-apung 241 kilometer di sebelah selatan Semenanjung Yucatan, Meksiko, Minggu (10/2/2013), setelah sempat terjadi ledakan.

Ledakan di kamar mesin yang terjadi pada Minggu pagi itu sudah berhasil ditangani dan tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, akibatnya, mesin tak bekerja dan kapal bisa beroperasi dengan bantuan generator. Demikian pernyataan resmi perusahaan.

Tak satu pun dari 3.143 penumpang dan 1.086 awak yang terluka. Sebuah kapal tunda kini sedang berlayar menuju kapal pesiar itu untuk menariknya ke Pelabuhan Progresso, Meksiko. Diperkirakan kapal pesiar itu akan tiba pada Rabu (13/2/2013).

"Kapal lain milik Carnival, Carnival Elation, berada di lokasi Carnival Triumph untuk memberi bantuan makanan dan minuman," demikian Carnival Cruise Lines.

Carnival Triumph sedang dalam pelayaran dari Galveston, Texas, dan dijadwalkan kembali pada 11 Februari ini.

Carnival Corp mengatakan, semua penumpang akan menerima penggantian ongkos dan pelayaran lain yang sama dengan biaya yang dikeluarkan para penumpang.

Akibat kondisi ini, dua jadwal pelayaran Carnival Triumph pekan depan ditunda.

Pada awal tahun lalu, kapal pesiar mewah yang juga dioperasikan perusahaan milik Carnival Corp, Costa Concordia, tenggelam di Pulau Giglio, Tuscan, Italia, dan menewaskan 32 orang penumpangnya.

Sumber :
Reuters

1431273-carnival-triumph-620X310.JPG
Reuters
Kapal pesiar Carnival Triumph.
BANJARMASINPOST.CO.ID, MEXICO CITY - Carnival Triumph, sebuah kapal pesiar milik perusahaan pelayaran Carnival Cruise Lines, terapung-apung 241 kilometer sebelah selatan Semenanjung Yucatan, Meksiko, Minggu (10/2/2013), setelah sempat terjadi ledakan.Ledakan di kamar mesin yang terjadi pada Minggu pagi itu, sudah berhasil ditangani dan tidak menimbulkan korban jiwa. Namun akibatnya mesin tak bekerja dan kapal bisa beroperasi dengan bantuan generator. Demikian pernyataan resmi perusahaan.

Tak satupun dan 3.143 penumpang dan 1.086 awak yang terluka. Sebuah kapal tunda kini sedang berlayar menuju kapal pesiar itu untuk menariknya ke Pelabuhan Progresso, Meksiko. Diperkirakan kapal pesiar itu akan tiba pada Rabu (12/8/2013).

"Kapal lain milik Carnival, Carnival Elation, berada di lokasi Carnival Triumph untuk memberi bantuan makanan dan minuman," demikian Carnival Cruise Lines.

Carnival Triumph sedang dalam pelayaran dari Galveston, Texas, dan  dijadwalkan kembali pada 11 Februari ini.

Carnival Corp mengatakan semua penumpang akan menerima penggantian ongkos dan pelayaran lain yang sama dengan biaya yang dikeluarkan para penumpang.

Akibat kondisi ini, dua jadwal pelayaran Carnival Triumph pekan depan ditunda.

Pada awal tahun lalu, kapal pesiar mewas yang juga dioperasikan perusahaan milik Carnival Corp, Costa Concordia tenggelam di Pulau Giglio, Tuscan, Italia dan menewaskan 32 orang penumpangnya.

Jerman Sepakati Jual Kapal Patroli ke Arab Saudi

Posted: 11 Feb 2013 06:16 AM PST

Jerman Sepakati Jual Kapal Patroli ke Arab Saudi


Internasional

Jerman Sepakati Jual Kapal Patroli ke Arab Saudi

Pemerintah Jerman diprediksi memberikan lampu hijau bagi penjualan kapal patroli ke Arab Saudi, tanpa mempedulikan kritik publik terkait pelanggaran HAM di negara itu.
Penjualan peralatan utama sistem pertahanan ini total mencapai nilai sekitar 1,5 milyar Euro demikian laporan Bild am Sonntag. Dewan keamanan federal Jerman dilaporkan sudah memberikan lampu hijau bagi permohonan pembelian senjata dari Arab Saudi itu.
Permohonan izin penjualan alutsista bersangkutan diajukan perusahaan galangan kapal L├╝rssen yang berkantor pusat di kota Bremen. Dewan keamanan federal harus memberikan izin terkait bisnis semacam itu, tapi keputusannya tidak perlu dipublikasikan.
Arab Saudi akan menerima pemasokan kapal patroli seharga 20 hingga 25 juta Euro per unitnya dalam jangka waktu dua tahun setelah kontrak ditandatangani, lapora koran itu.
Dikritik
Persetujuan pemerintah Jerman untuk menjual persenjataan ke negara yang dikategorikan masih kontroversial di bidang hak asasi manusia itu, dihujani kritik dari kalangan oposisi maupun para pembela HAM.
Aksi protes menentang export senjata ke Arab Saudi.
"Pemerintah kelihatannya ingin menjalin bisnis senjata total dengan Arab Saudi, tanpa mempedulukan protes publik menentang penjualan senjata ke negara itu," kata Thomas Oppermann, tokoh partai oposisi Sosial Demokrat-SPD.
Pemerintah Jerman menurut laporan koran Bild am Sonntag pada bulan Desember 2012, menyepakati penjualan deikitnya 30 unit panser "Dingo". Sementara majalah berita Der Spiegel melaporkan, Arab Saudi juga menyatakan hendak membeli puluhan unit panser type "Boxer" dan tank tempur type "Leopard".

"Kini saatnya untuk menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi", kata tokoh politik partai kiri Die Linke, Jan van Aken. Human Rights Watch (HRW) yang merupakan lembaga pemantau HAM global mengritik pemerintah Arab Saudi terkait penumpasan berdarah terhadap aksi kelompok oposisi.
"Pemerintah Arab Saudi sudah memutuskan untuk terus menghukum, mengintimidasi dan mengejar kelompok yang menyuarakan pendapat berbeda dari kebijakan resmi", ujar wakil direktur HRW di Timur Tengah , Eric Goldstein, belum lama ini.
Isu Sensitif
 
Tank tempur Leopard 2 yang juga diminati Indonesia.

Ekspor persenjataan merupakan isu amat sensitif di Jerman. Hal ini terkait masalalu kelam di zaman Nazi dan sejarah perang dunia II.
Namun belakangan ini nilai ekspor persenjataan dari Jerman terus naik. Laporan resmi pemerintah di Berlin menyebutkan, pada tahun 2011 Jerman menyepakati penjualan senjata senilai 5,4 milyar Euro, atau meningkat 14 persen dibanding tahun sebelumnya.
Rincian menyebutkan, 42 persen penjualan senjata dari Jerman dilakukan ke negara di luar Uni Eropa atau bukan anggota NATO. Arab Saudi dan Indonesia termasuk negara pelanggan persenjataan dari Jerman.
AS/RN (Reuters, AFP, dpa)

Kapal Valerinne Terbakar Saat Pekerja Melakukan Pengelasan

Posted: 11 Feb 2013 06:14 AM PST

Kapal Valerinne Terbakar Saat Pekerja Melakukan Pengelasan

 TRIBUNNEWS.COM , BITUNG – Peristiwa kebakaran di Kapal Penumpang Valerinna yang sedang masuk galangan atau naik dock di galangan Kapal Samudera Purnabile Abadi (Hasjrat Group), nyaris merenggut nyawa seorang pekerja saat sedang melakukan pengelasan sejumlah bagian kapal, Senin (11/2/2013).

Kapal Valerinne Terbakar Saat Pekerja Melakukan Pengelasan
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Peristiwa kebakaran di Kapal Penumpang Valerinna yang sedang masuk galangan atau naik dock di galangan Kapal Samudera Purnabile Abadi (Hasjrat Group), nyaris merenggut nyawa seorang pekerja saat sedang melakukan pengelasan sejumlah bagian kapal, Senin (11/2/2013).

Adalah Alfian Sido (29) seorang pekerja, saat diwawancarai Tribun Manado mengatakan peristiwa kebakaran nyaris mengenai dirinya saat sedang melaksanakan tugasnya melakukan pengelasan.
"Waktu itu sekitar pukul 13.30 wita saya sedang melakukan las di lambung kapal bagian luar menggunakan Brandel atau alat potong, tiba-tiba secara mendadak api sudah membesar kemudian disusul dengan kepulan asap berwarna hitam yang keluar dari dalam kapal," cerita Alfian di tempat kejadian.
Menurutnya pengelasan di lambung kapal yang dia lakukan untuk membongkar lambang kapal yang akan diperbaiki karena kapal tersebut mengalami peristiwa kebakaran pada 11 September 2012 kemudian masuk dock yang terletak di Jalan Samuel Languyu Kelurahan Winenet II Kecamatan Aertembaga. "Peristiwa tersebut saya lihat dengan mata kepala sendiri api yang sangat besar disertai asap berwarna hitam membuat saya merasa muntah dan nyaris jatuh dari atas Papan Kuda-kuda (kuda-kuda)," tambahnya.
Lanjutnya menceritakan setelah mengetahui telah terjadi kebakaran dibagian dalam kapal dirinya bergegas untuk menyelamatkan diri dengan cara melopot kebawah lalu lari sambil memberitau bahwa telah terjadi kebakaran. "Saya langsung teriak kebakaran...kebakaran... api...api didalam kapal," tandasnya. Peristiwan kebakaran kapak Valerinne berhasil dipadam dengan dua unit mobil pemadam kebakaran yang tiba beberapa saat kemudian pasca kejadian berlangsung.
Jefry Wowiling Kepala Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Bitung menjelaskan peristiwa kebakaran tersebut disebabkan karena percikan api dari hasil pengelasan menyambar satu diantara bagian kapal yang mengandung minyak. "Jadi dari hasil kroscek kami di lapangan kepada sejumlah pekerja, lambung kapal yang di las bagian dalamnya adalah kamar mesin yang masih ada sisah minyak yang mudah terbakar," kata Wowiling.
Lanjutnya dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa hanya bagian lantai dan dinding kapal bagian dalam hangus terbakar. "Peristiwa kebakaran ini merupakan yang ke empat kali sepanjang tahun 2013. Dimana untuk rumah sudah tiga peristiwa dan industri satu kali terjadi," tandasnya.

Job Pelaut for General Cargo Vacancies

Posted: 11 Feb 2013 06:12 AM PST

 

Job Pelaut for General Cargo Vacancies
Good day seafarers,
We are urgently requiring Chief Officers and 2nd Engineers for joining in these following vessels :

Vessel Name : Sunny Pescadores
Flag : Panama
Vessel Type : General Cargo
GT : 7271
DWT : 12535
Built : 2004
Joining date : 3rd March 2013 in Shanghai port
Trading area : China and South East Asia

Vessel Name : Fodas Pescadores
Flag : Panama
GT : 6664
DWT : 11600
Built : 2001
Joining date : middle of March 2013 in Shanghai port
Trading area : China and South East Asia

Each vessel is requiring these crews :
Rank : CO Class II
Salary : USD 3500/month
Contract : 6 months +/- 2 months
Rank : 2E Class 2
Salary : USD 3200/month
Contract : 6 months +/- 2 months

Candidates must be able to speak English, hold valid travel documents and certificates.

If you're interested with the vacancy, please send your CV to :
ciptacrew@ciptakaryain.com
Maria E.P.
PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA
Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540
Phone : 62 21 7800261 Fax : 62 21 7813972
www.ciptakaryain.com

Pelaut Tewas Jatuh dari Ketinggian 20 Meter di Kapal Pesiar Canary Island

Posted: 11 Feb 2013 06:25 AM PST

Pelaut Tewas Jatuh dari Ketinggian 20 Meter di Kapal Pesiar Canary Island

http://i4.mirror.co.uk/incoming/article1679550.ece/ALTERNATES/s615/MS+Thomson+Majesty.jpg

Tiga Pelaut warga negara Indonesia tewas dalam kecelakaan latihan penanganan keadaan darurat di suatu kapal pesiar di Canary Island, Minggu (10/2) kemarin.
Seluruh korban yaitu 3 WNI, seorang Filipina, dan seorang Ghana adalah awak kapal pesiar tersebut.

Kantor berita Reuters mengutip kepolisian dan awak lainnya yang menyebut tali-tali lepas dari sekoci penyelamat sehingga perahu itu jatuh dari ketinggian 20 meter ke laut dalam keadaan terbalik.

Peristiwa itu terjadi saat latihan penyelamatan di atas kapal pesiar Thomson Majesty. Kapal tersebut dioperasikan TUI Travel plc, perusahaan travel Inggris.

Saat kejadian, Thomson Majesty sedang sandar di pelabuhan Santa cruz, ibu kota pulau La Palma.

http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/About/General/2013/2/10/1360516023649/Thomson-Majesty-Canary-Is-010.jpg 

 Kapal berusia 20 tahun itu sedang membawa 1.498 penumpang.Tidak ada penumpang yang cedera dalam kecelakaan tersebut. Thomson Majesty terdaftar di Malta dan dimiliki oleh Louis Cruises yang bermarkas di Siprus.

"Kami bekerjasama dengan pemilik kapal dan manajer, Louis Cruises, untuk mengetahui penyebab pasti dan menyediakan diri bagi mereka yang kena dampak kecelakaan," tulis pernyataan Thomson Cruises.

Reuters menyebut kecelakaan itu menelan korban jiwa tiga WNI, seorang warga Filipina dan seorang warga Ghana.Terdapat juga tiga lainnya yang luka-luka.

Situs Thomson menyebutkan Thomson Majesty yang dilengkapi lima restoran dan dua kolam renang sedang dalam perjalanan ke Canary Islands, Mediterrania dan Laut Merah. 


Kapal sekoci yang menewaskan 3 WNI (Foto: AP)
Kapal sekoci yang menewaskan 3 WNI (Foto: AP) 
LA PALMA - Tewasnya tiga orang warga negara Indonesia (WNI) dalam kecelakaan kapal sekoci di Pulau Canary, Spanyol disaksikan oleh penumpang dari kapal pesiar Thomson Majesty. Penumpang itu melihat kapal sekoci itu tergantung hingga jatuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga Pelaut WNI yang tewas termasuk dalam lima orang yang tewas dalam latihan penyelamatan yang dilakukan oleh kru Thomson Majesty pada Minggu 10 Februari kemarin. Seorang penumpang menyaksikan langsung kejadian ini.

"Kapal sekoci itu sudah setengah turun, kemudian tiba-tiba saja meluncur dengan cepat. Kapal sempat tergantung. Ada yang menahannya, kondisi saat itu memang mengkhawatirkan," ujar seorang penumpang dari Bournemouth, Terry Dobbins, seperti dikutip Daily Mail, Senin (11/2/2013).

"Saya tidak ingin ke kapal (pesiar) itu. Nyawa kami berada di tangan mereka," lanjut Dobbins.

Kapal berbendara Inggris itu baru saja tiba dari Santa Cruz menuju Pulau La Palma. Selama di pulau itu, penumpang diberi waktu selama enam jam sebelum akhirnya melanjutkan pelayaran ke Madeira.

Kapal pesiar berbobot 40.876 ton ini membawa kru sekira 600 orang dan sempat berlayar di sekitar Pulau Yunani pada musim panas, sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Canary, Madera, Maroko dan Tenerifa. Kapal pesiar ini dioperasikan oleh perusahaan bernama Louis Cruises.

Pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, akan melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang menyebabkan tiga WNI tewas. Kemlu juga membenarkan bahwa ketiga WNI itu pelaut yg bekerja sebagai anak buah kapal dari kapal pesiar itu.

Pihak Kemlu akan memastikan hak-hak dari ketiga WNI pelaut tersebut dapat dipenuhi oleh pihak perusahaan kapal pesiar. Tetapi untuk sementara pihak Kemlu tidak mengumumkan identitas dari ketiga orang WNI yang tewas ini.



Liputan6.com, Jakarta : Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyampaikan duka kepada tiga Warga Negara Indonesia yang tewas dalam kecelakaan simulasi penyelamatan penumpang di kapal pesiar Thomson Majesty di Kepulauan Canary, Spanyol. Kemenlu sudah berkoordinasi dengan perwakilan RI di Spanyol untuk menyampaikan kabar duka secepatnya kepada keluarga. 

"Intinya, semua berita duka yang terjadi ini harus secepatnya disampaikan kepada pihak keluarga dengan secara baik. Bukan hanya dari pemberitaan media massa," kata Marty di kantor Kemenlu, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2013). 

Menurut Marty, pemerintah memberikan dukungan penuh agar kasus ini cepat terungkap. Kementerian Luar Negeri sudah bergerak untuk mengumpulkan informasi dan mengambil langkah penanganan setelah peristiwa itu. 

"Kalau semua bersatu pasti akan lebih mudah mengurusnya guna mendapatkan laporan yang baik dan benar," kata Marty. Marty menambahkan, kasus ini tidak hanya menjadi kewenangan Kementerian Luar Negari tapi juga Kementerian Tenaga Kerja serta Dinas Perhubungan Kelautan.
Kecelakaan terjadi saat simulasi penyelamatan penumpang menggunakan sekoci di Pelabuhan Santa Cruz, Minggu 10 Februari 2013 pagi, waktu setempat. Saat itu, kapal baru tiba dari Pulau Las Palmas de Gran Canaria, Spanyol. 

Sambil menunggu keberangkatan menuju Pelabuhan Funchal Portugal di pulau Madeira, Atlantik, pada pukul 15.00 waktu setempat, simulasi sekoci pun dilakukan, sekitar pukul 10.30, waktu setempat.

Namun, sekoci yang ditumpangi belasan penumpang kapal itu jatuh dan terbalik. 5 Penumpang tewas yang terdiri dari 3 orang laki-laki Indonesia, 1 orang pria laki-laki Filipina dan 1 lagi laki-laki dari Ghana. 3 Orang lainnya juga mengalami luka-luka yang merupakan warga Yunani. (Ism)

  lihat videonya disini http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-21403536

Program Perhitungan Minyak Pertamina Buat Pelaut

Posted: 10 Feb 2013 06:53 PM PST

Program Perhitungan Minyak Pertamina
Hanya dengan Rp. 285,000,- anda akan mendapatkan program perhitungan minyak
lengkap, Table 53-54-56-57 Surveyor,ship calculation T54B,
Ship Calculation T54,
RUMUS INTERPOLASI,
Perhitungan Methanol,
Perhitungan CPO
Cara PEMBACAAN TABEL ASTM
ASTM Tables Lengkap,
CALCULATION petroleum,
Informasi Lowongan Pelaut ini Dikirim Oleh:
Nama : Sholeh Binaga Ginting
Email: ruly.abdillah@gmail.com
Alamat: Griya Batuaji Asri Blok X No.19 Batam
No Telp/Hp: 08127015790
Website: http://calculationpetroleum.blogspot.com/

Draft Survey Software Buat Pelaut

Posted: 10 Feb 2013 06:53 PM PST

Draft Survey Software Buat Pelaut
Hanya Rp. 285.000 Saja
" Kami Menjual Draft Survey Software , Sebuah Program Perhitungan Jumlah Muatan
Kapal "
Dengan Program Draft Survey ini anda bisa menghitung muatan kapal dengan mudah,
anda sudah tepat menemukan website ini.
Jika Anda Memiliki Program Perhitungan DraftSurveySoftware.com Ini Anda Bisa
Menguasai Perhitungan Draft Survey Kapal, Bagi Anda yang berminat saya akan
membagikan ilmu ini!
Informasi Lowongan Pelaut ini Dikirim Oleh:
Nama : draft survey software
Email: ruly.abdillah@gmail.com
Alamat: Griya Batuaji Asri Blok X No.19 Batam
No Telp/Hp: 08127015790
Website: http://draftsurveysoftware.com/index.php

update info pelaut & schedule DP Course

Posted: 10 Feb 2013 06:47 PM PST

 

update info pelaut & schedule DP Course
Selamat malam,
Kami ingin share sedikit update info mengenai online test dari NI untuk peserta DP Basic Course.
1. Online Test dari NI sudah mulai diberlakukan mulai awal February 2013
2. Untuk sementara ini hanya bersifat uji coba, jadi tidak menentukan kelulusan
3. Terdiri dari 40 soal pilihan ganda, setiap student akan mendapat soal secara random
4. Karena bersifat uji coba, lulus atau tidak lulus, tetap akan mendapatkan DP Log Book dan Certificate. Dan bila sudah officially berjalan, nilai kelulusan harus 70%
5. Kapan mulai officially berjalannya masih belum diketahui, semua pada keputusan NI, namun setiap saat bisa diberlakukan
6. Bila sudah berjalan secara resmi, bila tidak lulus, akan diadakan her/ujian ulang keesokkan harinya dan bila masih tidak lulus lagi, dipersilahkan pulang belajar dulu dan ambil ujiannya bila ada kesempatan di mana saja di DP Training Center yang terdaftar di NI. Bila sudah 3x tidak lulus/gagal, maka harus mengulang lagi dari awal mengikuti kursusnya (bayar lagi biaya kursusnya full)
7. Diperbolehkan untuk membawa dan menggunakan kamus bahasa selama ujian

Demikian update yang bisa kami berikan saat ini. Jadi sangat disarankan bagi saudara pelaut yang ingin mendapatkan DP Certificate dan DP Log Book untuk bisa mengikuti DP Basic Course secepatnya.
Mohon maaf sebelumnya, diharapkan bagi seluruh students, agar jangan mentang-mentang ujian masih bersifat uji coba lalu seenaknya saja dan cuek terhadap materi yang diberikan atau sibuk bermain HP/Blackberry. Harap bisa lebih menghargai diri sendiri.

Tanpa ada maksud menjelekkan seseorang, hanya share saja, saya dapat cerita dulu di C-Mar pernah kejadian bahwa ada 1 studentyang selama kursus ngantuk-ngantuk tidur tidak memperhatikan materi yang diberikan dan tidak menunjukkan respect terhadap trainer-nya sehingga mengakibatkan trainer-nya marah lalu akhirnya tidak diluluskan meski sudah meminta maaf.
Dan sekedar info saja, dari uji coba Online Test gelombang pertama, secara technically, dari 12 orang peserta DP Basic, hanya 1 orang saja yang lulus ujiannya.

Kami ingatkan kembali bahwa kelulusan adalah tanggungjawab masing-masing pribadi. Jadi meskipun mendaftar dengan sponsor dari kami, PT Sanvi Solusindo dan meskipun kami ada kerjasama dengan pihak Training Center, bukan berarti bahwa pasti akan lulus. Hal kelulusan adalah di luar tanggungjawab dan kuasa kami.

Mudah-mudahan share info dari kami dapat membantu saudara pelaut sekalian yang ingin mengambil DP Course.

Berikut adalah update jadwal untuk kursus di C-Mar dan L3-DPCS:

C-Mar:

* 18 Feb - Basic & Advance
* 25 Feb - Basic & Advance
* 04 Mar - Basic & Advance
* 11 Mar - Basic & Advance
* 12 Mar - Maintenance (Fully Booked)

* 18 Mar - Basic & Advance
* 19 Mar - Maintenance
*** Jadwal di C-Mar adalah fixed ***

L3-DPCS:
* 18 Feb - Advance (Fully Booked)

* 25 Feb - Basic
* 04 Mar - Advance/Maintenance (belum ditentukan)

* 11 Mar - (belum ditentukan)
*** Jadwal di L3-DPCS biasanya baru ditentukan 2 minggu sebelumnya dan tergantung dari request, lebih banyak permintaan untuk kelas apa(Basic/Advance/Maintenance) ***

Untuk DP Maintenance di L3-DPCS, bila bekerja di kapal yang menggunakan system DP selain L3, sangat disarankan untuk mengambil DP Maintenance Course yang sesuai dengan yang dibutuhkan, karena apa yang nantinya dipelajari di DP Maintenance Course L3, tidak akan banyak berguna atau tidak dapat dipraktekkan di system DP converteamataupun kongsberg.

Bila ada yang kurang jelas atau membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website kami www.sanvisolusindo.com atau menghubungi kami di :

email : admin@sanvisolusindo.com
Contact Person Indonesia : Hendra : 081287287297 atau pin BB 26CA8D11
Contact Person Singapore :Hasan : +65 9066 9840

Salam,
Hendra
(Marketing Manager)


Best Regards,
Sanvi Solusindo
www.sanvisolusindo.com
Membantu dari pendaftaran DP Course(Dynamic Position), hingga mendapatkan Confirmation Letter dan Letter of Invitation, pemesanan tiket pesawat dan penginapan.

Apartemen Mewah Khusus Orang Kaya

Posted: 10 Feb 2013 06:44 PM PST

Apartemen Mewah Khusus Orang Kaya

Apartemen mewah atau kondominium ini dihuni oleh orang terkaya paling banyak di dunia

img

Gedung tersebut adalah Apartemen One57 yang berlokasi di New York. Harga satu kondominium di gedung ini mencapai US$ 40 juta hingga US$ 90 juta. Saat ini ada setidaknya 9 orang terkaya di dunia yang tinggal di kondominium gedung tersebut. Dengan harga yang selangit, anda harus menjadi miliuner terlebih dahulu jika ingin tinggal di sini.

KURSUS KELISTRIKAN KAPAL (SHIP ELECTRICAL COURSE )

Posted: 10 Feb 2013 06:42 PM PST

 

KURSUS KELISTRIKAN KAPAL (SHIP ELECTRICAL COURSE )

Tahukah anda manfaat apa yang didapat dari mengikuti KURSUS KELISTRIKAN KAPAL?.selama 6 hari anda terinduksi oleh seorang yg syarat pengalaman dalam melatih para Karyawan/Tenaga Maintenance Listrik di puluhan Perusahaan di Darat dan sudah puluhan Crew Kapal laut yg telah menerima manfaatnya. Anda akan jauh lebih mengenal Listrik dalam pengetahuan dan penerapannya di dunia kerja anda.

Terutama dalam hal membaca wiring diagram kontrol yg sekaligus juga dapat menginstalasikannya (Praktek).yang selama ini mungkin menjadi kendala anda di dunia kerja anda.Utk. Batch 27 akan kami buka Hari Selasa, 12 Februari 2013


Dengan Investasi lokal, kualitas Internasional Daftarkan segera diri anda utk. mengikuti Kursus KELISTRIKAN KAPAL SEKARANG, HUBUNGI 081231905535 / 082260317057 ( Hasan Basri ). Untuk anda yg telah lama bekerja sbg Electrician, anda bisa mengikuti Program Kursus yang lain : - Program Kursus PLC.
- Rewinding Motor
- Refrigeration and Air Conditioning Maintenance


_

Kota Dengan Penduduk Terkaya Terbanyak Di Dunia

Posted: 10 Feb 2013 06:40 PM PST

Kota Dengan Penduduk Terkaya Terbanyak Di Dunia

Kota mana di dunia yang punya orang terkaya paling banyak?

img

Jawabannya adalah Moskow di Rusia. Kota ini menghasilkan 79 orang terkaya dunia. Moskow mengalahkan New York yang mempunyai 59 orang yang masuk daftar orang terkaya di dunia. Sementara London dan Hong Kong bersaing ketat dengan masing-masing mempunyai anggota penduduk yang masuk daftar orang terkaya dunia sebanyak 41 dan 40.

Orang Terkaya Pertama Di Dunia

Posted: 10 Feb 2013 06:38 PM PST

Orang Terkaya Pertama Di Dunia

 Siapakah yang pertama kali dinobatkan jadi orang terkaya di dunia?

img

Jawabannya adalah John D. Rockefeller. Pria ini dikenal sebagai konglomerat kaya di Amerika Serikat. Rockefeller hidup di tahun 1839-1937. Terlihat gambar Rockefeller sedang berjalan dengan beberapa orang tak dikenal di jalanan New York pada 1908.

Hikmah Siraman Rohani Buat Pelaut

Posted: 10 Feb 2013 06:34 PM PST

 

Hikmah Siraman Rohani Buat Pelaut
[pelaut] Hikmah Pagi

HAK ALLAH dI PAGI HARI

"Barangsiapa yang bangun di pagi hari & hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah ia tidak melihat hak-hak Allah dalam dirinya (tidak berdzikir) maka Allah akan menanamkan 4 penyakit:

1. kebingungan yang tiada putus-putusnya,
2. kesibukan yang tidak pernah ada ujungnya,
3. kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi,
4. khayalan yang tidak berujung."
Thank You
Mulyadi

Lowongan Kerja Pelaut Terbaru Onshore

Posted: 10 Feb 2013 06:31 PM PST

 

Lowongan Kerja Pelaut Terbaru Onshore

Salam Pelaut
Mohon Ijin Posting lowongan kerja bagi rekan-rekan pelaut yang ingin
berkarier di onshore.

MARINE SUPERINTENDENT
Qualifications:
- Diploma in maritime / nautical or other related studies
- Work experience 3 -5 years and/or equivalent sailing experience as Master
or Chief Officer with Minimum Class 2 COC
- Good knowledge of local and international maritime rules, regulations,
codes and guidelines.
- Team player / people manager with high principles and honesty beyond
question.
- Strong commitment to safety.
- Proactive with strong interpersonal and problem solving skills.
- Excellent written and spoken English.
- Willing to be placed in Balikpapan.

TECHNICAL SUPERINTENDENT
Qualifications:
- Diploma in maritime / nautical or other related studies with 3 to 5 years
work experience as a Technical Superintendent and/or equivalent sailing
experience as Chief Engineer
- Good knowledge of local and international maritime rules, regulations,
codes and guidelines.
- Possess strong communication & interpersonal skills and is meticulous,
organised and resourceful having a high degree of urgency.
- Team player / people manager with high principles and honesty beyond
question.
- Proactive with strong interpersonal and problem solving skills.
- Excellent written and spoken English.
- Willing to be placed in Balikpapan.

Salary : Negotiable.

apabila ada yang berminat, silahkan kirim CV lengkap ke :
hrd@aquariashipping.co.id
Terima Kasih
Tomo

Artikel Terkait: Berita Kapal

Description: Berita Kapal Rating: 5.0 Reviewer: Ruly Abdillah Ginting ItemReviewed: Berita Kapal
Comments
0 Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Pasang Iklan Anda Disini Hanya Rp. 50,000,-/bulan hubungi ruly.abdillah@gmail.com

Followers

Berlangganan Via Email -masukan email anda dibawah ini !

There was an error in this gadget

Disclaimer