Informasi Lengkap Tentang Kapal dan Lowongan Pelaut Terbaru untuk Bekerja di Kapal Asing Dalam dan Luar Negeri

Pelaut dan Jenis Kapal Catamaran


Salah satu jenis-jenis Kapal Penumpang adalah kapal Roro Ferry, seperti yg sering digunakan di jalur penyeberangan transporatsi antara pulau di India.
Berikut tulisan tentang Jenis Kapal Penumpang Catamaran di Blog Berita Kapal.


Catamaran 

Ini adalah jenis lain dari Ferry yang disebutkan diatas. Kapal ferry jenis ini biasa disebut Catamaran.

Kenapa disebut catamaran?

Catamaran berasal dari bahasa India Tamil “Kattumaram” yang bermaksud multi lambung yang berarti kapal yang mempunyai dua lambung. Jenis catamaran bisa digunakan untuk fast ferry ataupun Nyi roro.

Catamaran sudah dikenal oleh orang-orang polinesia sejak pada jaman dahulu kala. Ke stabilan-nya yang sangat tangguh membuat para designer dan pembangun kapal banyak yang melirik untuk membuat jenis kapal ini. Sampai saat ini jenis kapal ini banyak digunakan untuk kapal-kapal penumpang, perahu-perahu layar, bahkan beberapa perahu-perahu nelayan. Keuntungan lain catamaran selain stabil adalah kapal jenis ini memiliki badan yang sangat lebar karena jembatan (Bridge) antara satu lambung dengan lambung yang lainnya digunakan sebagai tempat muatan. Pada kapal Roro, muatan mobil dan penumpang akan lebih banyak dibanding dengan kapal berjenis lain dengan kapasitas yang sama.
Inilah catamaran orang-orang polinesia

Inilah bentuk catamaran dilihat dari depan. Hambatan air yang sedikit membuat tahanan kapal lebih ringan, dan kapal bisa lebih cepat membelah air dibanding dengan kapal lain yang bertenaga sama.

Inilah perbedaan jenis-jenis lambung Catamaran


Pelaut yg tidak ingin melalang buana ke luar dunia biasannya menempuh jalur karir di jenis kapal ini karena bisa selalu berkumpul dengan keluarga dekatnya.


@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pelaut dan Jenis Kapal Catamaran