Informasi Lengkap Tentang Kapal dan Lowongan Pelaut Terbaru untuk Bekerja di Kapal Asing Dalam dan Luar Negeri

Jenis Kapal Roro Ferry


Salah satu jenis-jenis Kapal Penumpang adalah kapal Roro Ferry, seperti yg sering digunakan di jalur penyeberangan transporatsi antara pulau jawa dengan pulau sumatera di Bakahuni-Merak.
Berikut tulisan tentang Jenis Kapal Penumpang Roro Fery di Blog Berita Kapal.

Roro Ferry

Ini adalah gambar kapal roro (roro fery)

Adakah hubungannya antara Nyi Roro Kidul yang menguasai pantai selatan dengan kapal ini? Apakah saudara maranya? Bukan Ndull..!!!

Roro disini adalah singkatan dari Roll on roll off. Kapal ini fungsinya mirip sebagai jembatan yang bergerak. Namanya jembatan, apapun bisa melewatinya, mau mobil, mau bis, mau teksi, mau bemo, mau becak, mau ojek bechek… ataupun odong-odong.

Namun no way untuk dokar dan delman! Forbidden untuk Anda!

Sesuai dengan namanya roll off roll on atau roll off roll on (mirip nama pewangi ketek!) adalah suatu kapal ferry yang mempunyai dua lubang pintu masuk depan dan pintu keluar belakang. Penumpang beserta bawaan termasuk mobil, montor becak tersebut masuk dari pintu depan keluar dari pintu belakang. Jadi mobil gak usah parkir lagi untuk keluar. Sangat simple dan effisien toh???….

Tempat muatan untuk kendaraan-kendaraan ditempatkan pada geladak utama (main deck) dan bawah main dek (under main deck) untuk jenis RORO yang lebih besar. sedangkan penumpang ditempatkan pada dek 1, 2 dan 3 tergantung dari berapa besar kapal tersebut.

Kapal ferry jenis ini sudah digunakan oleh Indonesia sejak lama, kapal-kapal inilah yang menghubungkan pulau sumatera dengan Jawa, pulau jawa dengan bali, pulau jawa dengan madura, pulau batam dengan Pulau Bintan dan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Jadi mobil orang Aceh yang berada diujung barat Indonesia bisa sampe ke Bali atau ke Madura dengan nyetir sendiri.



@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jenis Kapal Roro Ferry